Archive for October, 2009

h1

IDEO-The most innovative company!

October 20, 2009

Hmm..

mungkin pas kalian baca judul di atas, masih bingung IDEO itu apa..

buat gambaran awalnya aja nih, IDEO tuh perusahan design yang berpusat di California. Perusahaan ini sangat inovtif dalam menciptakan sebuah produk..

——

nahh,,

APA IDEO ITU SEBENARNYA?

IDEO adalah sebuah perusahaan konsultasi di bagian design dan inovasi..

perusahaan ini membantu perusahaan lain dalam mendesing produk, service, lingkungan, dan bidang digital untuk menjadikannya kreatif..

IDEO IDEO

Markas besar IDEO berlokasi di Palo Alto, California-US..

tapi ada juga beberapa kantor lainnya di kota-kota besar lainnya seperti San Fransisco, Chicago, New York, Boston, London, Munich, dan Sanghai..

Hmm..

Sebenernya IDEO tuh merupakan gabungan antara 3 perusahaan design yaitu David Kelley Design, ID Two, dan Matrix Product Design..

Trus pada tahun 1991, ketiga perusahaan itu bergabung dan jadilah IDEO..

bgituuu..

——

SIAPA ORANG DIBALIK IDEO??

hmm..

tak lain dan tak bukan adalah Tim Brown..

dia itu CEO IDEO, nih orangnya nih..

Tim_Brown

Oh iya,,

IDEO juga memiliki cara kerja yang menarik lho, untuk memahami pasar dan menemukan solusi, IDEO ternyata langsung turun ke pasar, jalan2, stasiun, supermarket, dan manapun lah untuk mengamati orang2 dalam kehidupan riil..

hal ini pasti amat berguna, karna akan mengeliminasi bias antara teori dengan kenyataan riil..

Menarik bukan??

——

Nihh..

gue kasih contoh dlu deh produk hasil dari IDEO..

slider_i2i

Nahh..

mungkin bangku diatas keliatannya biasa aja kan!?

tapiii, bangku ini ternyata SANGAT AMAT NYAMAN DIDUDUKI lhoo..

Karna bangku ini bakal menyesuaikan dengan bentuk badan yang ngedudukinnya..

jadi bangku ini tuh bakal membantu orang untuk tetap focus pada pekerjaan yang lagi dikerjainnya..

Hmm.. GITU DOANG??

sebenernya emg simple sih, tpi kalo kita pikir itu amat bagus & penting lho..

Karna pasti dengan kenyamanan yang diberikan, hasil pekerjaan kita bisa lebih maksimal..

IYA KAN?? very niceee..

——

Nihh, contoh lainnya nih..

slider_akira

Bisa diliat kan..

meja kerja yang diciptakan IDEO ini bisa dilipat-lipat..

GUNANYA APA??

Yaa, biar bisa hemat tempat lah kalo lagi ga perlu mejanya..

EFFICIENCY ini namanya.. hahaha..

Selain itu hebatnya lagi, produk ini tuh 96% RECYCLABLE..

*woww, kereeeennn

Jadi, bisa kita liat kan kalo IDEO itu selain kreatif dalam design, mereka juga peduli dengan lingkungan..

Dgn isu global warming, produk ini amat PAS diproduksi.. hmm..

——

Trus, hebatnya lagi nih..

Si IDEO ini tuh slalu masuk peringkat atas sebagai perusahaan yang paling inovatif di majalah BusinessWeek..

IDEO juga telah memproduksi lebih dari 4000 produk yang pastinya amat kreatif dan innovatif, contohnya adalah mouse apple, dan mouse microsoft..

beberapa perusahaan yang telah bekerjasama dengan IDEO adalah Microsoft, PepsiCo, Steelcase, dan berbagai perusahaan lainnya..

——

BAGAIMANA CARA KERJA IDEO??

Ternyata mereka memiliki basic steps yang disebut IDEO ways..

ini dia langkah-langkahnyaa..

1. Observation

>> mereka langsung observasi ke lapangan lho..

2. Brainstorming

>> dilakukan dalam 1 jam, dan bisa menghasilkan lebih dari 100 ide!

3. Prototyping

>> langkah ini guna untuk memvisualisasi ide-ide mereka yg briliant..

4. Refining

>> ini dilakukan untuk mengeliminasi ide mereka yg berlimpah. hehe..

5. Implementation

>> yaa, pastinya untuk menjadikan ide mereka kenyataan lahh. TOB!

——

Nahhh..

hebat banget yah ternyata IDEO itu?

yaa, gue rasa penjelasan gue di atas cukup menjelaskan ttg IDEO..

IDEO sebagai perusahaan yang kreatif ternyata slalu bisa bertahan seiring dengan perkembangan zaman..

Emg sokil IDEO!!

TOP DEH! :p

Advertisements
h1

Hal ter-inovatif

October 19, 2009

Hmm..

apa itu inovatif? mungkin bsa diliat di blog yang satu lgi:

http://www.blogpalingkerensatusbm.wordpress.com

ada penjelasannya tuh di post-post pertama..

biar lebih jelas,  mungkin gambar berikut bsa menjelaskan

gmbr1

gmbr2

gmbr3

nahh, gambar-gambar yang diatas dibuat dengan lipatan-lipatan doang lhoo..

keren bukan?? gue sih kagum bgt ngeliatnya. hmm..

——

contoh lainnyaaaa

a

aaa

aa

wow, keren yahh??

——

LALU, INOVASI DARI GUE SENDIRI APA??

hmm

…..

…..

…..

oh yaa, gue inget..

kejadian ini tuh pas lgi mata kuliah CSR —Corporate Social Responsibility— yang merupakan salah satu matakuliah wajib di SBM-ITB..

——

Jadi, waktu itu gue lagi ke tukang material, yang bisa bikin aspal juga sih..

nahh, berhubung company gue implementasinya adalah bikin jalanan di desa ciwidey, jdi mau ga mau suka ga suka gue dan teman-teman company gue harus sering main-main ke toko material itu..

nama tokonya tuh LIBRA JAYA dan pemilik tokonya namanya si Pak David..

karna sering dateng kesana, dan proyek aspalnya deal dgn dia,  jadinya aja gue (yg KEBETULAN vice CEO company gue) dan tmn-tmn gue jadi akrab sama dia..

——

nah jadii, pada suatu hari gue sma tmn-tmn gue lagi main ksana..

karna gue ga ada kerjaan, gue kelilingin aja tuh tokonya si Pak David, trus gue ngeliat ada kayu dan juga paku-paku dan berbagai macam material lainnya deh..

trus, gue kepikiran kalo di kosn gue ga ada gantungan baju..

>>> tiba-tiba INOVASI muncul di pikiran

*gue mau bikin gantungan baju sndiri! pikir gue..

lalu, gue tadinya mau beli kayu 0.5 meter dan beberapa paku dari toko material itu.. tapiiii..

Kebetulan karna si Pak David punya banyak kayu-bekas bekas proyeknya, jdi dia nyuruh gue buat ngambil kayu-bekas itu aja..

Ya udh, gue ambil..

dan akhirnya gue ambil kayu yg kira-kira cocok dan gue gergaji SENDIRI. hahahaha..

*bangga amat yah gue!?

ternyata ga semudah yang gue bayangkan menggergaji kayu tuh.. (“-_-)

akhrinya kayu yg gue ambil (yg tadinya bentuknya ga jelas) berhasil gue gergaji dengan ukuran krg lebih 0.5meter x 8cm

laluuu, abis itu gue ambil paku-paku deh, dan gue palu sendiri lagi deh..

sampai akhirnyaaa…

[sound: trak trak desss]

Jadi dehh, GANTUNGAN BAJU OWN-HAND MADE..

hahahahahahaha..

mantapnya lagi, karna gue udh akrab ama si Pak David, jdi gue ga usah bayar apa-apa deh aka GRATIS..

*thanks to Pak David

hahaha..

——

Yaaaa,  mungkin ga seberapa inovatif sih, tpi lumayan lahh..

*menghibur diri

Mungkin nanti kalo ada hal yang lebih inovatif lagi yang gue inget, nanti gue post lagi deh disini..

sekiann..

h1

(Lupa!!) Nama & makna nama gue

October 16, 2009

Hmm..

sebelum blog ini makin jauh, gue akan memperkenalkan diri..

karna gue lupa memperkenalkan diri sebelumnya.. haha..

——

Nahh..

Ini dia nih, sebuah foto preview si penulis blog ini..

GUE

ga ngerti gue makna fotonya tuh apa!? hmm..

——

Jadi, nama gue Nicky..

gue adalah pria yang lahir pada tanggal 3 april (tahun dirahasiakan) di sebuah kota yang damai..

terlahir sebagai anak ke 2 dari 6 bersaudara, dan saat ini berkuliah di School of Business Management – ITB..

gue adalah pria single (saat post ini dibuat) yang tidak mempunyai pacar..

*ya iyalah, namanya juga single!? (“-_-)

——

Udahhh, lgsng aja..

APA ARTI NAMA GUE???

hmm, kalo letter by letter mungkin bsa diartikan kya dibwah ini..

N – nice

I – INNOVATIVE

C – CREATIVE

K – kind

Y – young (*apa coba!?)

nahh, jdi bisa diliat kan kalo emg gue dan mata kuliah Creativity and Innovation (matkul di SBM-ITB) amat sangat cocok..

dari nama gue dan nama matkulnya aja udh sama, jdi seharusnya dan sepatutnya kalo gue dapet A dalam matkul ini..

*menjilat dan ngarep mode: on

wakakakakak..

——

Nahh, berhubung gue kuliah di ITB  yang berlokasi di Bandung, maka gue akan menjelaskan arti nama gue pake bhs sunda..

N – nyenangkeun (menyenangkan)

I – INOPATIP

C – CREATIP

K – kasep

Y – yaa, bisa bageur, bisa cageur, bisa pinter

*maksa! (abis bingung apa lagi) hiks.. T.T

Wahh,,

lagi lagi kan nama gue cocok dgn matkul ini..

ckckckck, emg ga salah bgt masuk matkul ini gue! hahaha..

——

Nahh,,

mungkin itu gambaran arti nama gue..

Tapii, kalo emg makna sebenernya sih, sebenernya nama Nicky itu diambil dari salah satu professor bokap gue di Australia, dan bokap gue lagi ngambil S2 waktu itu..

Knapa bisa bgitu??

harapannya sih biar gue bisa jadi anak yang pinter dan juga jadi seorang proffesor di masa depan.. =)

yaa, smoga dengan berkuliahnya gue di SBM-ITB ini bisa jadi awal yang baik buat masa depan gue..

amiiinn..

——

okee, sgitu aja deh ttg nama gue dan maknanya..

see u on the next post..

h1

Helm kreatif. Tapi amankah?

October 13, 2009

Helm..

Trnyata helm jga bsa dijadiin kreatif tau..

Liat dulu nih foto-foto helm kaya dibawah ini

FullFaceSkull1

ato ini

gladiator_helmet_1lalu, yg ini

newRTMods2

hmm, kalo yg ini gmn nih?

funny33

wakakakakakakakak

kreatif bukan??

Yaa..

memang kreatif sama guoblok bisa beda tipis..

klo yg terakhir kayanya sih kelewat kreatif atau guoblok..

Masa motor kenceng pake helmnya begitu??   (“-_-)

Nahh, kalo kita liat..

itu kan emg kreatif yah, tpi pertanyaanya:

” EMANG AMAN PAKE HELM ITU?”

coba aja yang pic 2, kalo tabrakan yang ada kepala kita jdi dipotong potong kaya roti tawar. hadooohh. ckckckck..

jelas-jelas helm buat melindungi.. grrr..

lalu, pertanyaan berikutnya:

“AMANKAH DARI POLISI?”

yaa,  sebenerny kalo kita liat pic 1, kita bisa bilang kalo itu fullface sih..

kelewat fullface malah. hahaha..

Tpi SNI ga tuh (standar nasional indonesia)??

Jgn sampe pas kecelakaan malah 2 tengkorak yang pecah –helm dan tengkorak penggunanya– ckckck..

Ada lagi pertanyaan berikutnya:

“AMANKAH DARI MALING?”

hahahahha..

berhubung di indo maling berkliaran dimana mana, jdi kayanya yang punya helm unik kya yang diatas harus dibawa kemana mana deh..

kalo ditinggal di motor yang ada 5 menit jga langsung bisa ilang. hahaha..

Yaaa..

mungkin ini karna makin hari tren makin aneh kali yaa..

org slalu bilang: “yang penting gaya, gaya nomor satu”

*lalu keselamatan nomor brp??

hmm..

Yaa,  sbnernya sih sebaiknya kalo mau kreatif harus mikirin keselamatan juga sih. bukannya kalo kita bisa bikin helm yang unik dengan keamanan SNI ataupun lebih bakal dibilang lebih kreatif ya. Iya ga sih??

yaa, pokonya keep creative dehh.. and keep safe..

h1

Salam WordPress-ers

October 13, 2009

Hi, kakak-kakak, agan-agan, juragan-juragan..

Salam kenal yaa..

Blog ini adalah blog yg berisi tentang KREATIFITAS dan INOVASI

smoga blog ini akan berguna untuk semua pembaca dan menjadikan kita makhluk yg lebih kreatif, dan memiliki inovasi inovasi yang briliant..

“Different is beautiful”

hohoho..

salam,

nick03